Netiket atau Nettiquette, adalah etika dalam
berkomunikasi melalui e-mail. Seperti halnya berkomunikasi melalui
surat atau bertatap muka, berkomunikasi dengan e-mail butuh
tatacara sendiri. Bisa dibayangkan. Hampir setiap hari ada
jutaan e-mail dikirimkan dan diterima oleh begitu banyak orang. Maka
salah-salah kata, bisa berarti fatal. Tapi memang sangat menyebalkan, jika kita
menerima pesan e- mail yang pengirimnya menggunakan huruf kapital, mengirim
kembali seutuhnya pesan-pesan yang kita kirimkan, atau menjawab
pertanyaan panjang kita, dengan ucapan, "saya kira begitu", atau
"betul." Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, ada baiknya kita
mengetahui beberapa di antaranya:
1. Jangan terlalu banyak
mengutip.
Hati-hati dalam
melakukan balasan (reply). Fasilitas 'Reply' dari sebagian besar program
mailer biasanya akan mengutip pesan asli yang Anda terima secara otomatis
ke dalam isi surat Anda.
Jika harus mengutip
pesan seseorang dalam jawaban e-mail, usahakan menghapus bagian-bagian yang
tidak perlu, dan hanya menjawab bagian-bagian yang relevan saja. Pesan
yang terlalu panjang memakan file yang besar, yang membuat loading menjadi
lambat, yang berarti akan menambah beban pulsa tidak hanya pada pihak
penerima, juga pada pihak si pengirim.
2. Perlakukan e-mail
secara pribadi.
Jika seseorang
mengirim informasi atau gagasan kepada Anda secara pribadi, Anda tidak
sepatutnya mengirimnya ke forum umum, seperti kelompok grup, atau
mailing-list. Email pada dasarnya adalah alat komunikasi personal.
3. Jangan gunakan huruf
kapital.
Seperti halnya membaca
suratkabar, atau surat, membaca pesan e-mail yang menggunakan huruf besar/kapital
yang berlebihan tidak enak dilihat. Tapi di samping itu, terutama dalam
tata krama berkomunikasi dengan e-mail/chat, penggunaan huruf besar
biasanya dianggap berteriak. Mungkin saja maksudnya hanya untuk memberi
tekanan pada maksud Anda.
4. Jangan Membicarakan Orang Lain.
Jangan membicarakan
orang atau pihak lain, apalagi kejelekan- kejelakannya. Berhati-hatilah
terhadap apa yang Anda tulis. E- mail memiliki fasilitas bernama
'Forward', yang mengizinkan si penerima akan meneruskannya (forward) ke
orang lain.
5. Jangan gunakan CC.
Jika Anda ingin
mengirim mail ke sejumlah orang (misalnya di mailing-list), jangan
cantumkan nama-nama pada kolom CC. Jika Anda melakukan hal itu, semua
orang yang menerima e-mail Anda, akan bisa melihat alamat-alamat e-mail
orang lain. Umumnya orang tidak suka bila alamat e-mailnya dibeberkan di depan
umum. Selalu gunakan BCC (blind carbon copy). Dengan cara ini setiap orang
hanya bisa melihat alamat e-mailnya sendiri.
6. Jangan gunakan format
HTML
Jika Anda mengirim
sebuah pesan penting ke rekan Anda, jangan gunakan format HTML tanpa Anda yakin
bahwa program e-mail rekan Anda bisa memahami kode HTML. Jika tidak,
pesan Anda sama sekali tidak terbaca atau kosong. Sebaiknya, gunakan
plain text.
7. Jawablah Secara Masuk
Akal
Jawablah setiap pesan e-mail secara masuk akal. Jangan
menjawab dua tiga pertanyaan dalam satu jawaban. Apalagi, menjawab pesan e-mail
yang panjang lebar, dan Anda menjawab dalam satu kata: "Cute."




0 komentar:
Posting Komentar